Minggu, 12 September 2010

Isnad & Syiah

Diambil dari mailing list assunnah@yahoogroups.com

groups.yahoo.com/group/assunnah

Message: 18
Date: Sat, 12 Feb 2005 04:19:32 -0000
From: "fnhouses" <>
Subject: Isnad & Syiah


TIADA ISNAD DAN RIWAYAT SYI'AH TANPA PERTENTANGAN

Tidak ada satu pun riwayat yang dimiliki Syi'ah kecuali mesti terdapat riwayat yang bertentangan dengan itu. Tidak ada Hadits kecuali ada Hadits lain yang berlawanan. Hal ini dijelaskan oleh syekh kelompok mereka, Abu Ja'far Muhammad bin Al-Hasan Ath-Thusi, dalam pendahuluan bukunya Tahdzibu 'l-Ahkam, yaitu salah satu dari buku mereka yang empat, "Pujian bagi Allah, Pemimpin Kebenaran dan Yang Berhak Atas  Kebenaran, serta shalawat dan salam atas makhlukNya yang terbaik, Muhammad, serta keluarga beliau. Beberapa orang teman mengingatkanku, semoga Allah mengutuki orang yang memaksakan haknya
atas kita, dengan hadits-hadits dari para ulama kita (ashhabuna), semoga Allah mendudkung mereka dan merahmati para salaf, tentang perbedaan, perlainan, peniadaan dan pertentangan yang terjadi hingga HAMPIR TIDAK DAPAT DITEMUKAN SATU HADITS YANG TIDAK BERLAWANAN DENGAN HADITS LAIN, dan TIDAK SELAMAT HADITS KECUALI ADA HADITS SERUPA YANG MEMBATALKANNYA, sehingga hal itu bagi orang yang melaini kita menjadi senjata utama dalam menyerang mazhab kita...."


Seorang Syi'ah Itsna 'Asyariyyah, As-Sayyid Daldal 'Ali Al-Lucknowi, menyatakan dalam Asasu 'l-Ushul [hal. 51, terbitan Lucknow, India], "Hadits-hadits yang berasal dari para imam ini amat beragam. Hampir tidak dapat dijumpai satu hadits melainkan ada lagi hadits lain yang menafikannya dan hampir tidak terdapat kesepakatan riwayat kecuali terhadap riwayat itu ada riwayat lain yang berlawanan hingga yang demikian itu mejadikan sebagian orang yang lemah berpaling dari keyakinan yang benar..." As-Sayyid Hasyim, salah seorang ulama mereka, yang terkenal dengan nama Al-Husaini dalam bukunya Al-Mawdhu'at Fi 'l-Atsar Wa 'l-Akhbar [hal. 165, 253, cetakan pertama, 1973], "Pembuat kisah Syi'ah sama seperti apa yang dibuat oleh musuh-musuh para imam juga banyak sekali membuat-buat kisah jenis ini terhadap para imam yang mendapat petunjuk, orang shaleh dan orang bertaqwa." Ia juga mengatakan, "Setelah mengikuti hadits-hadits yang tersebar di buku-buku kumpulan hadits seperti Al-Kafi, Al-Wafi, dan lain-lain, kita menemukan bahwa orang-orang ekstrimis dan dengki terhadap para imam yang mendapat petunjuk tidak meninggalkan satu bab pun tanpa dimasuki untuk merusak hadits-hadits para imam dan mencemarkan nama baik mereka..."

(Hakikat Syi'ah, hal. 35-36)

0 komentar:

Posting Komentar

0 people have left comments

Commentors on this Post-

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Top Web Hosting | manhattan lasik | websites for accountants