Kamis, 29 September 2011

Shaf Sholat Berjama'ah

Banyak syarat yang harus kita perhatikan dalam melaksanakan suatu ibadah, diantarannya tata cara melaksanakan ibadah tersebut. Kali ini ana sebagai penulis baru akan memberikan sedikit ilmu kepada akhi sekalian bagaimana tata cara sholat berjamaah yang benar. Mungkin lebih jelasnya ana akan menjelaskan susunan sholat berjama'ah yang benar(insyaallah) dan sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Rasulullah salallahu'alaihi wa sallam.

Suatu ketika Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam mendatangi kami seraya bersabda, “Bukankah kalian sedang berbaris sebagaimana malaikat berbaris ketika menghadap Rab-Nya? Kami bertanya, “Bagaimanakah berbarisnya malaikat ketika menghadap Rab-Nya?” Beliau bersabda, “Mereka menyempurnakan barisan yang pertama dan mereka merapatkannya.” (H.R Muslim, Abu Dawud, Nasa’i dan Ibnu Majah)
.
Hadist tersebut menjelaskan bahwa dalam susunan sholat berjamaah sekiranya untuk merapatkan barisan sholat sebagaimana barisnya para malaikat ketika menghadap Allah subhanahu wa ta'ala. Penuhi shaf terdepan, lalu belakangnya, awali dari tengah barisan ketika akan membuat shaf. Hadist ini merupakan salah satu pen-tafsir-an dari surat Assafat ayat 1, yang artinya : "Demi (rombongan) yang bershaf-shaf dengan sebenar-benarnya." 
Di samping itu, sholat berjamaah haruslah rapat, kaki dan pundak berhimpit dan sejajar, sebagaimana yang dijelaskan pada hadist berikut.
“Barangsiapa menyambung suatu shaf, niscaya Allah menyambungnya (dengan rahmatNya). Dan barangsiapa yang memutuskan suatu shaf, niscaya Allah memutuskannya (dari rahmatNya).” (HR An-Nasai)
Ya Allah, rahmatilah kami semua dengan sebab rapihnya, lurusnya dan rapatnya shof sholat berjamaah kami. Ya Allah, terimalah selalu segenap ’amal sholeh dan ’amal ibadah kami semua. Amin ya Rabb.-"

Semoga bermanfaat bagi akhi sekalian, jazakallah atas kunjungannya.


0 komentar:

Posting Komentar

0 people have left comments

Commentors on this Post-

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Top Web Hosting | manhattan lasik | websites for accountants