Sabtu, 14 Mei 2011

MENJAGA DIRI DAN KELUARGA

Allah berfirman yang artinya:

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (QS At Tahriim (66) : 6)

Alloh swt berfirman : “ Wahai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka,” yaitu kamu perintahkan kepada dirimu sendiri dan keluargamu yang teridiri dari istri, anak, saudara, kerabat, sahaya wanita dan sahaya laki-laki untuk taat kepada Alloh swt. Dan kamu larang dirimu sendiri dan semua orang yang dibawah tanggung jawabmu untuk tidak melakukan kemaksiatan kepada Alloh swt. Kamu ajari dan didik mereka serta pimpin mereka dengan perintah Alloh swt. Kamu perintahkan mereka untuk melaksanakannya dan kamu bantu mereka dalam merealisasikannya. Bila kamu melihat ada yang berbuat maksiat kepada Alloh swt, maka cegah dan larang mereka. Ini merupakan kewajiban bagi setiap muslim yaitu mengajarkan kepada orang yang menjadi tanggung jawabnya segala sesuatu yang telah diperintahkan dan dilarang oleh Alloh swt kepada mereka.

                Makna ayat di atas sewjalan dengan sebuah hadits, yang diriwayatkan oleh Ahmad dan abu Dawud dari Saburoh bahwa Rosululloh saw bersabda : “Perintahkan anak – anakmu mengeerjakan sholat bila telah mencapai umur tujuh tahun. Bila telah mencapai umur sepuluh tahun, pukullah mereka bila tidak mau mengerjakannya”.
                Lafal hadits ini dari Abu Dawud, dan Tirmidzi mengatakan, “ ini adalah hadfits hasan”. Para ahli fikih mengatakan,  demikian pula halnya dengan puasa, agar anak-anak terlatih dengan  melakukan peribadatan sehingga tatkala dewasa nanti mereka tetap menjalani hidup dengan ibadah dan ketaatan menjauhi  kemaksiatan dan meninggalkan kemungkaran.
                Alloh swt berfirman :”yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu”, yaitu yang akyu bakarnya terdiri atas manusia dan jin. “Alhijaroh” dalam ayat ini ada yang mengatakan sebagai patung-patung yang mereka sembah. Ibnu mas’ud dan yang lain mengatakan, “batu belerang.” Dan dtambahkan oleh Mujahid : ”batu nyang baunya lebih busuk dari pada bangkai”. Demikian diriwayatkan oleh ibnu Abi Hatim.
                Alloh swt berfirman : “Penjaganya malaikat-malaikat yang kasar,” yaitu yang tabiatnya kasar. Alloh swt telah mencabut hati-hati mereka rasa kasih sayang terhadap orang-orang kafir. “Yang keras” yaitu susunan tubuh mereka sangat keras , tebal sdan berpenampilan Sangat mengerikan. Wajah-wajah mereka hitam dan taring-taring mereka menakutkan. Tidak tersimpan dalam hati-hati mereka rasa kasih sayang terhadap orang-orang kafir walaupun sebesar biji dzarroh.
                Alloh swt berfirman : “Yang tidak mendurhakai Alloh terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. “Yaitu mereka tidak pernah menangguhkan apabila telah datang perintah dari Alloh walaupun sekejap mata, pada hal mereka bisa saja melakukan hal itu dan mereka tidak mengenal lelah. Mereka itulah para malaikat Zabaniah. Kita berlindung kepada Alloh swt dari mereka.



0 komentar:

Posting Komentar

0 people have left comments

Commentors on this Post-

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Top Web Hosting | manhattan lasik | websites for accountants